Kamis, 05 Februari 2015

Diambil dari tugas essai b.indo kelas XII

Efek dari Menggunakan Handphone

            Handphone adalah suatu alat komunikasi yang bisa digunakan dimana saja. Alat ini juga dapat digunakan komunikasi dengan jarak yang jauh. Kemajuannya pun sangat cepat. Pada tahun 2011, jumlah ponsel yang sudah diperkirakan terjual sekitar 2 miliar unit. Dengan kemajuan dibidang komunikasi ini, jelas masyarakat lebih banyak yang menggunakan handphone dibanding menggunakan telepon.

          Pada awalnya handphone digunakan sesuai kebutuhannya. Seiring perkembangan zaman, handphone kini semakin lengkap dengan fitur-fitur yang menarik, dan digunakan oleh semua kalangan terutama kalangan remaja. Handphone sekarang bukan sekedar sebagai alat komunikasi , tetapi juga menjadi gaya hidup anak zaman sekarang. Diantara fitur-fitur yang makin lengkap itu adalah bisa bermain games,kamera,video,menyetel musik, apalagi sekarang dengan ditambahnya handphone bisa menggunakan internet.

          Anak remaja, banyak yang mengatakan “Tiada hari tanpa menggunakan handphone”. Ada juga sebagian anak remaja yang mengatakan “Teknologiku sumber prestasiku”.

          Hal tersebut dapat kita setujui kalau tidak memiliki handphone,kita tidak dapat memberikan atau menerima sesuatu yang penting. Istilahnya kita bisa ketinggalan zaman. Pentingnya handphone juga bisa mengakses suatu informasi secara cepat dan tepat. Jika kita ingin mengabadikan sesuatu yang ingin diingat, kita dapat menggunakan kamera atau video yang dapat kita lihat kapan saja dan dimana saja. Kalau ada waktu senggang juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan. Tapi walau begitu jangan digunakan secara terus menerus, setidaknya ada selah untuk melakukan kegiatan lain atau beristirahat.

          Anak sekolah banyak yang membawa handphone kesekolah, tapi tetap handphone harus digunakan seperlunya saja dan tidak diaktifkan saat kegiatan belajar sedang berlangsung. Misalnya mendapat tugas dari guru, kita dapat langsung mencari tugas itu dari handphone dengan menggunakan internet, hal itu dapat mempermudah penyelesaian tugas. Meski pertumbuhan teknologi tumbuh begitu cepat, jangan memaksakan untuk mengikuti perkembangan tersebut, sesuaikan saja dengan kondisi keuangan yang ada. Banyak pelajar yang menggunakan handphone untuk membuka situs jejaring sosial dengan orang yang mereka tidak kenal. Tapi kita gunakan jejaring sosial tersebut dengan sebenarnya saja seperti mencari teman lama, intinya hanya orang yang dikenal saja.
          Dalam berkendara banyak juga yang menyalahgunakan handphone. Yaitu pada saat berkendara dengan asyik memainkan handphonenya seperti menelpon,mengirim pesan teks ataupun mengakses internet. Untuk itu jangan pernah sekali-kali melakukannya karna dapat mengakibatkan kecelakaan. Tetaplah fokus berkendara, kalau perlu pada saat berkendara matikan dulu handphonenya. Ada satu lagi dampak buruk pada pelajar adalah meletakkan handphone didekatnya pada saat tidur. Kita jangan pernah membiasakan hal tersebut, karena dapat mengakibatkan radiasi pada tubuh.

          Ada beberapa cara untuk terhindar dari ketagihan menggunakan handphone, yaitu pada saat disekolah sebaiknya para pelajar mematikan handphonenya, jika tidak diperlukan. Para pelajar sebaik mungkin mampu membagi waktu belajar dan bersantai. Memperbanyak mendapat informasi dengan mencari kegiatan yang berguna seperti kegiatan perlombaan. Membiarkan orangtua mengawasi kita dalam memakai handphone. Tidak terpengaruh oleh teman untuk melakukan hal-hal yang berbau negatif.
          Ketika handphone aktif, handphone akan menghantarkan gelombang radio kepusat handphone. Gelombang tersebut akan terserap oleh tubuh kita yang berdampak buruk terhadap kesehatan kita. Proses ini disebut radiasi handphone. Namun, karna handphone sering didekatkan dengan bagian otak,telinga, maka kita harus waspada akan dampak radiasi yang tertimbun dari hari kehari. Radiasi tersebut dapat membahayakan tubuh kita.


          Oleh karna itu, handphone memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan. Tapi selain itu, juga memiliki kerugian yang digunakan secara berlebihan. Gunakan handphone seperlunya saja. Jangan sampai handphone menjadikan kita mendapat ketergantungan untuk mengikuti perkembangannya ataupun yang dapat menimbulkan kerugian dalam berhubungan. Pengendalian diri kita dan orangtua sangatlah penting dalam penggunaan handphone secara positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar