Minggu, 26 April 2015

Faktor-faktor Penentu Prospek Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Faktor-faktor Penentu Prospek Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Faktor-faktor penentu prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia Secara garis besar, terdapat sedikitnya 2 (dua) faktor yang menentukan prospek pertumbuhanekonomi di Indonesia. Adapun kedua faktor tersebut adalah faktor internal dan eksternal.1.

Faktor InternalKrisis ekonomi pada tahun 1998 yang disebabkan oleh buruknya fundamentalekonomi nasional,serta lambatnya proses pemulihan ekonomi nasional pasca peristiwa tersebut menyebabkan banyak investor asing yang enggan (bahkan hinggasampai saat ini) menanamkan modalnya di Indonesia. Kemudian proses pemulihanserta perbaikan ekonomi nasional juga tidak disertai kestabilan politik dan keamananyang memadai, penyelesaian konflik sosial , serta tidak adanya kepastian hukum.Padahal faktor-faktor non ekonomi inilah yang merupakan aspek penting dalammenentukan tingkat resiko yang terdapat di dalam suatu Negara untuk menjadi dasarkeputusan bagi para pelaku usaha atau investor terutama asing, untuk melakukanusaha atau menginvestasikan modalnya di Negara tersebut.2.

Faktor Eksternal Kondisi perdagangan dan perekonomian regional serta dunia merupakan faktoreksternal yang sangat penting untuk mendukung proses pemulihan ekonomi diIndonesia. Mengapa kondisi perdagangan dan perekonomian regional atau duniatersebut dinilai penting? Sebabapabila kondisi perdagangan dan perekonomian Negara-negara tersebut terutama mitra Indonesia sedang melemah, maka akan berdampak pula pada proses pemulihan yang akan semakin mengulur waktu danakibatnya dapat menghambat kemajuan perekonomian di Indonesia.

1.       Faktor-faktor Internal
a.      Factor ekonomi, antara lain:
·    Buruknya fundamental ekonomi nasional
·    Cadangan devisa
·    Hutang luar negeri dan ketergantungan impor
·    Sector perbankan dan riil
·    Pengeluaran konsumsi
b.      Faktor non ekonomi, antara lain:
·    Kondisi politik, social dan keamanan
·     PMA dan PMDN
·     Pelarian modal ke luar negeri
·     Nilai tukar rupiah

2.      Faktor-faktor Eksternal
·  Kondisi perdagangan dan perekonomian regional atau dunia

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA
Subandi, dalam bukunya Sistem Ekonomi Indonesia, menulis bahwa factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara umum, adalah:
1. faktor produksi
2.  faktor investasi
3.  faktor perdagangan luar negeri dan neraca pembayaran
4.  faktor kebijakan moneter dan inflasi
5.  faktor keuangan negara
Sedangkan Tambunan, dalam bukunya Perekonomian Indonesia, menulis bahwa di dalam teoti-teori konvensional, pertumbuhan ekonomi sangat ditentukan oleh ketersediaan dan kualitas dari factor-faktor produksi seperti SDM, kapital, teknologi, bahan baku, enterpreneurship dan energi.  Akan tetapi, factor penentu tersebut untuk pertumbuhan ekonomi jangka panjang, bukan pertumbuhan jangka pendek.
Dengan kata  lain, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan lebih baik, sama atau lebih buruk dari tahun 2000 lebih ditentukan oleh faktor-faktor yang sifatnya lebih jangka pendek, yang dapat dikelompokkan ke dalam faktor internal dan eksternal.
Factor eksternal didominasi oleh factor-faktor ekonomi, seperti perdagangan internasional dan pertumbuhan ekonomi kawasan atau dunia.

https://id.scribd.com/doc/239875700/Faktor-faktor-Penentu-Prospek-Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia
http://tiwimuliawan.blog.com/2009/10/13/ekonomi-indonesia/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar